Minggu, 21 Juli 2013

Confession

Hai! Sudah lama ya, saya gak tau kamu gimana. Sudah lama juga lho kamu begini, ngilang, jutek, badmood tanpa sebab. Itu berarti sudah lama juga ya kamu gantungin status kita, pacaran tapi gak saling ngabarin kayak orang berantem, gak pacaran tapi belum putus. Dan rasanya digantung itu, kalo kamu gak tau, gak enak. Ibarat berdiri nih, kita berdiri berdampingan, kaki kita diiket rantai. Kamu mau jalan ke kanan, saya mau jalan ke kiri, gak bisa. Mau jalan bareng, beda tujuan, gak enak. Digantung itu gak enak, penuh ketidakpastian. Kamu nggak bosen sama titel PHP yang kamu nobatkan buat kamu sendiri sejak dulu? Nggak kasian sama cewek-cewek yang udah kamu jadiin korban? Di mana hati dan perasaan kamu sebagai cowok yang harusnya melindungi cewek?

Kamu nggak berani melangkah duluan? Oke, saya yang mendahului kamu. Kalo nggak salah satu dari kita, siapa lagi? Kan yang terlibat cuma kita berdua. Kalo bukan kamu, ya saya. Kalo bukan saya, bisakah saya berharap kamu untuk berani, sekedar berani, untuk omongin keputusan tanpa bertanya?

Setelah saya melangkah duluan, kamu masih tetep diem di tempat? Mau berubah tapi nggak mau melangkah? Yakin? Emang apa yang berubah kalo cuma diem? Halo... dunia masih luas, jalanan masih panjang, waktu tetep berlalu. Untuk apa diem kalo semua itu tidak? Sampe kapan mau gantungin hubungan kamu? Kamu dan saya. Sampe kapan? Apa kamu punya alasan yang cukup buat menjabarkan kenapa sikapmu begitu selama ini? Saya salah? Pasti. Kamu juga? Pasti. Kita sama-sama salah, tapi kenapa kita nggak bisa omongin itu semua dan bikin semuanya bener lagi? Percuma katamu? Itu cuma pendapat orang yang nggak mau mencoba. Itu cuma pendapat orang yang takut sama risiko. Itu cuma pendapatmu yang takut kehilangan, tapi sudah gak kuat bertahan. Hidup ini pilihan, jadi kamu harus milih. Setiap pilihan punya konsekuensi masing-masing. Apapun itu, namanya juga hidup, harus kita lewatin.

Hai. Sampe kapan mau sembunyi? Sampe kapan mau lari-larian di tempat? Kalo kamu nggak tau, semua nggak berubah jadi lebih baik, tapi sebaliknya. Kamu yang tanpa respon apapun, dan saya yang berusaha nyari jawaban atas pertanyaan yang bahkan saya nggak tau. Jadi kita ngapain?

Setelah saya yang ambil tindakan, kamu juga tetep not responding. Kenapa? Apa perlu saya menganggap kamu dan saya cuma saya sehingga keputusan saya hanya perlu persetujuan saya? Menurutmu gimana?

Sampe titik ini, kayaknya kita sudah nemuin persimpangan kita masing-masing. Sampe titik ini, kita sudah nggak bisa melengkapi satu sama lain, apa yang kita harapkan dari satu sama lain sudah nggak bisa kita dapetin lagi. Itu artinya apa? Kita butuh orang lain. Kenapa? Karena kita nggak bisa maksa satu sama lain buat jadi orang-orang yang kita inginkan. Think wise, act wise. Putus itu nggak selamanya buruk. Katamu, demi kebaikan.

Dan buat saya, kehilangan kamu itu nggak bakal bikin saya jatuh trus nggak bisa bangkit. Karena saya masih punya orang-orang di sekitar saya yang bantuin saya buat bangkit. Kehilangan kamu hanyalah sebuah proses yang harus saya lewatin. Hidup ini proses, bukan? Saya masih punya temen-temen yang ngedukung saya, menghargai saya, dan peduli sama saya, dan ada buat saya. Maaf.

Belakangan saya menyadari sesuatu. Bahwa di saat saya sama kamu, saya nggak ngeliat diri saya yang sesungguhnya secara utuh. Kamu tau rasanya? Rasanya kayak main drama dan disukai banyak orang, tapi ketika drama itu selesai nggak ada yang mau peduli bahwa kamu di baliknya. Menyedihkan. Memang menyedihkan. Tapi itu bukan berarti sama kamu saya nggak pernah bahagia, bukan. Sama kamu saya merasakan banyak hal yang berbeda. Tapi sekarang sudah nggak sama lagi. Nggak sama.

Seandainya kamu punya sepatu. Sepatu itu dulunya kamu pengenin banget sampe akhirnya kamu punya dan dengan senang hati kamu pake ke mana-mana. Tapi tiba waktunya di mana sepatu itu udah nggak nyaman lagi buat dipake. Kamu bakal apain sepatu itu? Tentu saja bakal nyariin penggantinya, kan? Mungkin itu yang perlu kamu, kita, lakuin demi kebaikan kita masing-masing. Ketika sudah tidak nyaman dengan sesuatu, makan kita harus mencari gantinya. Betul? Kalo betul, kenapa kamu nggak mau menyelesaikan masalah kita dulu?

Gimana rasanya digantungin? Secara harfiah kamu harusnya bisa ngebanyangin rasanya.

Setau saya kamu itu orangnya keras, tapi kenapa kamu nggak berani untuk tegas?
Setau saya kamu itu orangnya berani, tapi kenapa untuk ini kamu takut?
Setau saya kamu orangnya nggak suka ribet, tapi kenapa kamu biarin ini tetep rumit?

Mungkin kamu mikir dengan cuekin saya dan mengabaikan status kita bakal menyederhanakan semuanya? Oh...saya kasitau kalo kamu salah. Salah banget! It makes no sense. It makes trouble. And now, we have to face that trouble, but why you don't have any brave to?

Jadi, sampe kapan kamu bakal jadi penggantung?

21.7.13

Tidak ada komentar:

Posting Komentar